Menilik Kekuatan PKB Pangandaran untuk Pilkada 2024

by -38 Views

DAILYPANGANDARAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pangandaran membuka penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Namun, PKB Pangandaran yang memiliki 5 kursi di DPRD tentu belum bisa melakukan pencalonan hanya dari 1 partai saja.

Partai bernuansa hijau itu harus berkoalisi dengan partai lain untuk mendapatkan 20% kursi dari 40 kursi yang ada sebagai salah satu syarat mengusung Bacabup sendiri.

Partai yang dipimpin Cak Imin ini menjadi salah satu parpol oposisi pemerintah Kabupaten Pangandaran sejak Pilkada lima tahun lalu. Pada tahun 2020 PKB mengusung mantan Wakil Bupati Pangandaran Adang Hadari (alm) dan Supratman (tokoh pemekaran) atau Aman.

PKB yang berkoalisi dengan Golkar kalah tipis kala itu saat melawan incumbent pasangan Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan (Juara).

Pada hasil perolehan Pilkada 2024 Pangandaran, pasangan nomor urut 1 Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Juara) menjadi pemenang.

Tapi jika melihat detail hasil perolehan suaranya, pasangan Juara menang tipis. Selisih perolehan suara antara pasangan Juara dan pasangan Aman (Adang Hadari-Supratman) hanya terpaut 9.965 suara.

Tentunya hasil perolehan bagi kedua pasangan secara head to head tersebut dinilai sangat tipis dan pasangan Juara nyaris kalah. Waktu itu pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan berhasil menjadi peraih suara terbanyak dengan 138.152 suara. Sementara pasangan Adang Hadari-Supratman meraih sebanyak 128.187 suara.

Padahal saat itu PKB hanya berkoalisi dengan Golkar. Sementara PDI Perjuangan memiliki koalisi gendut bersama, PPP, PKS, PAN, Gerindra dan Perindo.

Ketua DPC PKB Pangandaran Otang Tarlian mengatakan tentu partai PKB sangat terbuka bagi partai manapun untuk berkoalisi. “Ya kami kan cuman dapat 5 kursi DPRD Pangandaran. Belum cukup untuk mengusung dari 1 partai saja,” kata Otang, Kamis (25/4/2024).

Menurutnya, komunikasi politik yang sudah terjalin dengan baik di Pangandaran baru dengan PAN dan Golkar. “Yang sudah terjalin komunikasi baru dengan Golkar dan PAN,” kata Otang.

Pihaknya mengaku sangat terbuka dengan partai lain untuk berkoalisi dalam menghadapi Pilkada 2024 Pangandaran. “Kami terbuka,” katanya.

Sementara itu, terkait penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran untuk PKB mulai dibuka mulai 24 April sampai 4 Mei 2024. Lebih lanjut, kata Otang untuk informasi yang sudah masuk ada 2 tokoh yang akan mendaftar.

“Kalau dari internal partai juga banyak. Termasuk saya sendiri, karena ditugaskan juga,” ucapnya.

Selain tokoh masyarakat, Otang mengatakan dari tokoh NU di Pangandaran dikabarkan masuk radar Bacabup dari PKB. “Sebagai partai yang berbasis NU memang tokoh-tokoh dari organisasi ini ada yang mau daftar,” katanya.

Source link

Source link