Mundurnya Airlangga dari Ketum Golkar Tidak Terkait dengan Tekanan Eksternal : Berita Terbaru Okezone Nasional

by -174 Views

Airlangga Hartarto mundur dari Ketum Partai Golkar (Foto : Tangkapan Layar)

JAKARTA – Elite Partai Golkar memastikan tidak ada desakan dari pihak eksternal di balik mundurnya Airlangga Hartarto dari jabatan Ketua Umum Partai berlogo pohon beringin itu.

“Engga ada (desakan eksternal),” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan, Minggu (11/8/2024).

Doli menjelaskan, ada sejumlah pertimbangan di balik mundurnya Airlangga salah satunya fokus sebagai Menko Perekonomian.

“Untuk tetap menjaga itu dan konsentrasi tadi, menjaga konsentrasi supaya ketua umum lebih fokus pada tugas dan tanggungjawab Menko Perekonomian. Maka justru dia mengundurkan diri. Supaya jalannya organisasi ini tidak terganggu,” ujarnya.

Selain itu, Doli berkata, mundurnya Airlangga menjaga soliditas partai Golkar dalam transisi pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Jadi beliau lebih konsentrasi di kabinet karena tenaga Ketum kami itu sebagai Menko Perekonomian sepertinya lebih dibutuhkan di kabinet untuk mengantarkan masa transisi pemerintahan,” ungkapnya.

“Karena banyak sekali program-program disiapkan sebagai program lanjutan untuk menjaga kesinambungan visi-misi program 2 periode Jokowi-Ma’ruf Amin dan kemudian ke depan pak Prabowo dan pak Gibran,” jelasnya.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto resmi mengundurkan diri dari kursi Ketua Umum Partai Golkar. Hal itu disampaikan Airlangga dalam sebuah video yang diterima Okezone.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya