Protes Warga ke Kantor BTN Berujung Aksi Pembakaran Ban: Okezone Economy

by -51 Views

Kantor Pusat PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN didemo massa. Aksi demo bahkan berujung aksi anarkis dan bakar ban.

Dalam video yang beredar di media sosial, demonstran yang mengaku nasabah melakukan bakar ban di pintu masuk kantor BTN.

“Ini bentuk perlawanan kami, untuk menunjukkan kemarahan kami,” teriak para pendemo dalam video di akun Instagram Warung Jurnalis, Selasa (30/4/2024).

Aksi pembakaran ban mulai terjadi pukul 13.00 WIB. Pembakaran ban dilakukan di tiga titik lokasi berbeda. Koordinator aksi Gregorius Upi mengatakan, ada sekitar puluhan miliar uang yang hilang sejak menabung di bank BTN dua tahun lalu.

Kasus ini sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri. Beberapa uang yang hilang pun, lanjut Gregorius, merupakan milik sejumlah pengusaha, wiraswasta, bahkan pensiunan.

Imbasnya beberapa usaha milik pengusaha harus kesulitan permodalan, termasuk para pensiunan yang kemudian terjerat pinjol lantaran uang pensiunnya ludes.

Terkait itu, para nasabah pun telah berupaya, mulai dari melaporkan ke OJK, Kepolisian, hingga bersurat kepada sejumlah pihak. Namun upaya itu tak kunjung direspon.

Mereka mengancam akan terus demo hingga tuntutan mereka untuk mendapatkan uang terwujud. Bahkan demo setiap hari pun akan dilakukan para nasabah.