Kisah Pemain Liga Inggris yang Hanya Mendapat Kontrak 14 Hari: Okezone Bola

by -71 Views

Kisah pemain Liga Inggris yang hanya dikontrak selama 14 hari menarik untuk dikulik. Adapun kisah ini melibatkan Ali Dia, pemain asal Senegal yang menjadi sorotan pada tahun 1996.

Ali Dia dikenal sebagai pembohong besar dalam dunia sepakbola. Dia telah menipu banyak Liga Inggris dengan mengaku memiliki latar belakang profesional.

Dia bermain sangat buruk di klub. Bahkan, namanya berada di peringkat satu dari 50 Pesepakbola Terburuk versi surat kabar Times.

Melansir Culkits, Sabtu (25/11/23) kisah pemain Liga Inggris yang hanya dikontrak selama 14 hari dimulai ketika manajer Southampton saat itu, Graeme Souness, menerima telepon dari seseorang yang mengaku sebagai George Weah, pemain bintang AC Milan dan rekan senegaranya.

Orang tersebut merekomendasikan Ali Dia sebagai pemain yang memiliki potensi besar dan menyarankan Southampton untuk mengontraknya. Tanpa melakukan penelitian lebih lanjut, Souness pun menerima rekomendasi itu.

Ali Dia pun diberi kesempatan untuk berlatih bersama tim utama Southampton. Namun, dalam beberapa sesi latihan, kemampuan serta tingkat kebugarannya jauh dari harapan.

Meski begitu, pada tanggal 23 November 1996, Ali Dia secara mengejutkan masuk sebagai pemain pengganti dalam pertandingan melawan Leeds United.

Penampilannya di lapangan tidak mencerminkan kualitas seorang pemain profesional. Ali Dia terlihat canggung dan tidak memiliki pengaruh signifikan dalam permainan.

Setelah hanya bermain selama 53 menit, dia pun ditarik keluar lapangan karena mengalami cedera. Itu adalah satu-satunya penampilannya dalam seragam Southampton.

Setelah pertandingan tersebut, kebenaran tentang identitas Ali Dia mulai terungkap. Ternyata, telepon yang diterima oleh Souness bukanlah dari George Weah, melainkan dari seseorang yang berpura-pura menjadi Weah.

Ali Dia sebenarnya tidak memiliki rekam jejak yang mencolok atau rekomendasi dari pemain bintang meski ia sempat memperkuat beberapa klub seperti Saint-Quentin, Cercle Dijon, dan VfB Lübeck.

Setelah 14 hari setelah Ali Dia tiba, ia langsung dikeluarkan oleh Southampton. Kontraknya satu bulan dengan klub Liga Inggris putus di tengah jalan.

Kemudian ia menandatangani kontrak dengan Gateshead pada 13 Desember 1996. Debutnya diawali dengan pertandingan melawan Bath City dan berhasil mencetak satu assist. Kemudian ia menghilang setelah kebohongannya terungkap.