Prabowo Subianto soal Demokrasi: Kritik itu Harus, Namun Tetap Objektif

by -106 Views

Jakarta – Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, menegaskan bahwa demokrasi akan menjadi lebih kuat di Indonesia sekarang ini karena perkembangan internet dan media sosial.

Beliau menyatakan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan yang intinya adalah kedaulatan rakyat, di mana rakyat memiliki kekuasaan dan hak untuk memilih pemimpin mereka.

“Dikarenakan jumlah penduduk Indonesia yang banyak, maka dilakukan sistem perwakilan. Rakyat memiliki kedaulatan untuk memilih wakil-wakil mereka masuk ke parlemen, rakyat juga dalam sistem presidensial memiliki hak untuk memilih presiden, bupati, atau gubernur mereka dan itu adalah kehendak dari rakyat kita,” jelas Prabowo dalam wawancara eksklusif bersama tvOne yang berjudul “Prabowo Subianto Bicara Untuk Indonesia” pada Rabu malam.

Lebih lanjut, ketika ditanya apakah pemerintahannya nanti akan anti kritik atau tidak, Prabowo menegaskan bahwa kritik sangat diperlukan dan harus bersifat objektif.

“Kritik harus ada, itu adalah bagian dari pengawasan. Kritik yang merupakan bentuk dari check and balances sebenarnya untuk melindungi, tetapi niat dari kritik itu harus membangun dan bersifat objektif,” jawab Prabowo.

Terkait kebebasan pers, Prabowo mengatakan bahwa hal tersebut sangat penting meskipun beberapa media di Indonesia sudah menjadi konglomerasi bisnis yang dimiliki oleh segelintir orang.

“Media mainstream adalah bisnis dan setiap bisnis memiliki pemiliknya, jadi, apakah media mainstream yang dimiliki oleh beberapa orang itu benar-benar mencerminkan kepentingan rakyat atau kepentingan pribadi mereka?” ujar Prabowo.

Prabowo berharap dengan perkembangan media sosial yang pesat, masyarakat dapat memperoleh informasi dari beragam sumber dan tidak hanya dikuasai oleh segelintir pemilik media.

“Saat ini, kita mengalami fenomena baru yang disebut revolusi informasi, yang mana media-media baru, internet, media sosial, dan sebagainya seperti TikTok, dapat menyebarkan informasi dengan cepat kepada masyarakat,” ujar Prabowo.

“Menurut saya, demokrasi akan menjadi lebih kuat, sekarang tidak lagi hanya beberapa orang yang mengendalikan opini dari suatu bangsa,” tutupnya.

Source link