Seniman Menampilkan Karya Batik dengan Sentuhan Baru : Okezone Lifestyle

by -262 Views

Seniman fashion Tiarma Sirait kembali menggelar pameran lukisan di Cemara 6 Galeri, Jakarta Pusat pada 3 – 16 Oktober 2024. Kali ini, Tiarma memamerkan lukisan batik kontemporer dengan tema “Batik Dalam Dimensi Baru”.

Tiarma menjelaskan bahwa pameran ini bertujuan untuk menunjukkan eksplorasi batik melalui media kanvas. Namun, ia menegaskan bahwa karyanya tidak akan menggantikan batik konvensional.

“Segala teknologi baru saling melengkapi dan untuk generasi digital, mereka lebih suka mengeksplorasi batik dengan media baru. Bagi pecinta batik, akan mencari akar budaya batik lebih dalam,” ujar Tiarma kepada MNC Portal.

Seniman asal Bandung ini juga mengatakan bahwa eksplorasi batik melalui kanvas merupakan upaya untuk mengenalkan batik kepada generasi muda.

“Ini adalah sarana untuk anak muda, terutama generasi Z, bahwa eksplorasi batik tidak akan berhenti di satu titik, tapi akan melanjutkan ke media baru,” tambahnya.

Tiarma menjelaskan bahwa karyanya tidak terinspirasi dari satu ciri khas batik. Sebagai seorang seniman yang gemar dengan gaya fusion, ia sering mencampur berbagai gaya, motif, dan budaya.

“Saya senang menggabungkan berbagai kebudayaan dan persilangan. Ada sentuhan gaya pesisir, gaya Eropa, serta gaya saya sendiri yang membuat saya senang mengeksplorasi batik,” ungkapnya.