10 Tahun Pembangunan Jokowi: Infrastruktur dan Energi Menjadi Pilar Utama Pertumbuhan Ekonomi – Okezone Economy

by -5 Views

Jakarta – Hasil pembangunan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam 10 tahun, khususnya infrastruktur jalan tol. Di mana jalan tol selama 10 tahun tentu berdampak pada peningkatan daya saing Indonesia hingga penurunan biaya logistik karena mampu memperlancar distribusi barang.

Selama 10 tahun masa kepemimpinan, Presiden Jokowi juga menjaga pertumbuhan ekonomi di atas 5% sekaligus menggandakan nilai Produk Domestik Bruto (PDB). Menjadi negara menengah-atas dan masuk dalam 20 negara dengan perekonomian terbesar dunia, adalah ganjaran yang diterima.

Terkait hal itu, Ketua Umum Persaudaraan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Serian Wijatno menyebut dengan pembangunan infrastruktur yang masif dan intensif.

“Jokowi ingin melakukan percepatan mobilisasi masyarakat dan distribusi barang dan jasa,” ujarnya, Sabtu (28/9/2024).

Kemudian di bidang energi, dikatakan Serian bahwa Jokowi telah menorehkan sejarah yang luar biasa. Contohnya adalah Freeport yang dibuat lebih menguntungkan negara dan kemudian Petral yang dibubarkan di era kepemimpinannya.

“Sementara Uni Eropa kelabakan ketika ekspor bahan dasar nikel disetop dan kita membangun pabrik nikel dalam negeri. Inilah bukti bahwa Jokowi telah menjalankan amanat Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat (2) dan ayat (3) yang menegaskan bahwa cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara,” tegasnya.

Karena itu, ia berharap pemimpin pengganti berikutnya Prabowo Subianto mampu meneruskan sikap, visi dan keberaniannya dalam memimpin.

“Kepemimpinan berikutnya yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mampu mewujudkan target pembangunan Jokowi berikutnya. Karena sejatinya, begitulah legacy sang pemimpin,” pungkasnya.