Abdee Slank Mengalami IgA Nephropathy, Yuk Ketahui Lebih Lanjut Tentang Penyakit Ginjal Ini : Berita Kesehatan Okezone

by -16 Views

ABDEE Slank sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Kabar tersebut pertama kali dibagikan oleh rekan Abdee, yakni Triawan Munaf. Mengenai penyakit yang diderita Abdee, kakaknya, Buddy Ace mengungkap bahwa sang gitaris telah dirawat di rumah sakit sejak 19 September 2024.

Perawatan Abdee Slank, kata Buddy, dilakukan untuk mengamati kondisi ginjalnya mengingat sang adik telah melakukan transplantasi ginjal pada tahun 2016.

“Abdee dirawat sejak Kamis, 19 September. Untuk mengamati kondisi kesehatan ginjalnya setelah hasil transplantasi sejak Januari 2016, dari hasil observasi November 2016,” kata Buddy Ace, saat dikonfirmasi oleh media belum lama ini.

Selain itu, observasi ginjal Abdee juga merupakan langkah lanjut setelah sang musisi mengalami penyakit autoimun atau IgA Nephropathy.

“Hasil observasi menunjukkan bahwa ginjal hasil transplantasi 9 tahun yang lalu, kini diserang oleh autoimun atau yang dikenal secara medis dengan nama IgA Nephropathy,” kata Buddy Ace.

Lalu, apa itu IgA Nephropathy yang diderita Abdee?

Menurut Mayo Clinic, Rabu (25/9/2024), IgA Nephropathy adalah gangguan ginjal di mana antibodi (disebut IgA) terbentuk di jaringan ginjal. IgA adalah antibodi yang mengandung protein dan dibuat oleh sistem kekebalan tubuh untuk melindungi dari zat asing seperti bakteri dan virus. Penumpukan antibodi di glomerulus ini akhirnya menyebabkan peradangan atau pembengkakan.

Ini dapat menyebabkan pembengkakan atau peradangan yang membuat ginjal sulit menyaring limbah dari darah. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti dari penumpukan IgA di ginjal. IgA Nephropathy umumnya memburuk secara perlahan selama bertahun-tahun. Namun, dampak jangka panjang dari penyakit ini bisa bervariasi bagi setiap individu.

Beberapa orang bisa mengalami komplikasi seperti kehilangan fungsi ginjal dan kebocoran protein ke dalam urin. Namun, penyakit ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal, di mana ginjal berhenti berfungsi dengan baik. Pengobatan biasanya diperlukan untuk mengurangi peradangan, mengurangi kebocoran protein ke dalam urin, dan mencegah gagal ginjal. Menjaga tekanan darah tetap stabil dan menjaga kolesterol rendah juga dapat memperlambat perkembangan penyakit ini.