Ade Rai Paparkan 20 Makanan dan Minuman yang Aman untuk Gula Darah, Layak Dikonsumsi!

by -61 Views

ADE Rai mengungkap 20 makanan dan minuman yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah Anda. Menjaga gula darah sangat penting untuk kesehatan. Diabetes, yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah, merupakan salah satu pembunuh diam-diam.

Satu hal yang pasti, 20 makanan dan minuman yang diungkapkan oleh Ade Rai mudah didapat. Informasi ini bermanfaat bagi Okezoners sekalian.

“Ade menyampaikan bahwa ada 20 makanan dan minuman yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah. Makanan ini membantu kita menghindari lonjakan gula darah,” kata Ade, seperti yang dikutip dari akun YouTube miliknya, Dunia Ade Rai, Selasa (17/9/2024).

Pria asal Bali ini menegaskan untuk menghindari makanan atau minuman yang manis sebisa mungkin, terutama ketika berpuasa. Kebiasaan ini dapat memicu lonjakan gula darah.

“Jika kita mulai dengan makanan yang manis, maka secara otomatis akan terjadi lonjakan gula darah yang tinggi. Pankreas kemudian akan melepaskan insulin untuk menurunkan gula darah, membuat kita merasa lelah, mengantuk, dan ingin makan lagi. Kita akan terus makan karena tubuh merespons seperti itu,” kata Ade Rai.

“Akibatnya, setelah naik, gula darah akan turun kembali, menciptakan rollercoaster energi karena kesalahan strategi saat memilih makanan,” tambah pria berusia 54 tahun itu.

Ade Rai membagikan 20 makanan menjadi empat kategori, yaitu protein, serat, lemak, dan minuman.

Mantan atlet binaraga ini menjelaskan bahwa makanan berprotein tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah. Makanan berlemak, seperti ayam, ikan, makanan laut, dan daging merah, aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, sayuran dan kacang-kacangan juga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah. Berbeda dengan nasi, mie, roti, kue, dan camilan manis, menurut Ade Rai, konsumsi makanan ini berpotensi membuat gula darah langsung naik.

Namun, penyajian juga harus diperhatikan. Saat memasak, hindari tambahan bahan manis yang dapat meningkatkan kadar gula dalam makanan, seperti misalnya ayam kecap.

Ade Rai juga menjelaskan bahwa teh dan kopi boleh dikonsumsi, asalkan kadar gulanya diperhatikan. Berikut adalah daftar 20 makanan dan minuman yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah menurut Ade Rai:

Protein:
Ikan
Ayam
Telur
Seafood (makanan laut)
Red Meat (daging sapi, kambing)

Serat:
Sayur
Timur
Jamur
Buah

Lemak:
Kacang-kacangan
Alpukat
Butter (mentega)
Coconut oil
Olive oil
Keju

Minuman:
Air
Kopi
Teh
Air + Cuka Apel
Perasan Lemon