Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Akan Mengangkat Kisah Laksamana Malahayati: Okezone Sports

by -34 Views

BANDA ACEH – Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 siap digelar pada Senin 9 September malam WIB. Tarian kolosal yang akan dipertunjukkan dalam upacara pembukaan tersebut akan mengangkat cerita Laksamana Malahayati.

Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan diselenggarakan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Senin 9 September 2024 pukul 19.00 WIB. Acara tersebut akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam keterangan pers yang diterima MNC Portal Indonesia (MPI), Sabtu (7/9/2024), acara pembukaan akan menampilkan tarian kolosal yang menggambarkan perjuangan Laksamana Malahayati, seorang pahlawan perempuan dari Aceh.

Tarian ini diharapkan dapat memberikan sentuhan budaya yang kaya dan membangkitkan semangat perjuangan dalam ajang olahraga nasional terbesar tersebut. Selain tarian kolosal, pesta kembang api juga akan menjadi bagian spesial dari acara pembukaan PON kali ini.

Kepala Bidang Upacara PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh, Akkar Arafat menjelaskan bahwa kembang api akan dinyalakan dua kali selama seremoni pembukaan. Kembang api pertama akan diselenggarakan setelah api kaldron dinyalakan.

“Kembang api pertama akan dinyalakan saat kaldron api PON dinyalakan, dan akan berlangsung selama satu menit,” kata Akkar.

Kemudian, kembang api kedua akan menyemarakkan langit setelah selesainya upacara pembukaan sekitar pukul 22.30 WIB. Kembang api tersebut diperkirakan akan berlangsung selama tiga menit.

“Pada pertunjukan kembang api pembukaan ini, kembang api akan menyala besar di langit dan akan menggelegar suaranya,” tambah Akkar.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 akan berlangsung dari 9 hingga 20 September 2024. Beberapa cabang olahraga telah mengadakan pertandingan dan perlombaan medali sejak awal.