Wapres: Tunggu Saja, Jokowi Reshuffle Kabinet Pada 19 Agustus – Okezone Nasional

by -43 Views
Jokowi <i>Reshuffle</i> Kabinet 19 Agustus? Wapres: Tunggu Saja

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (Foto: Okezone/Binti Mufarida)

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ikut merespons isu kocok ulang atau reshuffle kabinet pada hari Senin, 19 Agustus 2024. Wapres menegaskan bahwa pergantian kabinet merupakan hak prerogatif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tunggu saja. Itu kan hak prerogatif Presiden,” tegas Wapres usai menghadiri Upacara detik-detik proklamasi HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

Sebelumnya, sederet nama menteri diisukan bakal ditendang dari kursi jabatan oleh Presiden Jokowi. Sinyal kuat yang terkena reshuffle kabinet adalah mereka yang berada di luar gerbong koalisi.

Presiden Jokowi mengatakan, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatifnya. Sehingga, jika dirinya merasa perlu, maka akan melakukan reshuffle kabinet.

“Ya kalau diperlukan, kalau diperlukan,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Sementara pihak Istana menyatakan, belum menerima informasi soal perombakan atau reshuffle kabinet. Apakah akan dilakukan hari Rabu 14 Agustus 2024 ataupun Kamis 15 Agustus 2024. Kemudian kembali mencuat isu reshuffle tanggal 19 Agustus 2024.

(qlh)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya