PBB Dukung Makan Bergizi Gratis: Investasi Penting dan Efektif Perbaiki Nutrisi

by -62 Views

Jakarta – Jeffrey Sachs, seorang ekonom yang juga menjadi advokat SDGs di bawah Sekretaris Jenderal PBB, menganggap bahwa program makanan bergizi gratis adalah bentuk investasi dan juga cara yang efektif bagi negara untuk meningkatkan gizi masyarakatnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Sachs saat menghadiri seminar publik yang bertajuk “Membangun Masa Depan yang Berkelanjutan Melalui Pembelajaran Sepanjang Hayat dan Pengembangan Keterampilan” yang diselenggarakan oleh Prakerja, United in Diversity Foundation (UID), dan The Sustainable Development Solutions Network (SDSN) beberapa waktu yang lalu, yang ringkasannya dipublikasikan di situs web prakerja.go.id.

“Program ini merupakan ide yang sangat baik dan efektif dalam memperbaiki gizi masyarakat yang dilakukan oleh negara. Program ini dimulai sejak usia dini dan bekerja sama dengan program makanan sekolah,” kata Sachs seperti dikutip pada Senin (8/7).

Meskipun Sachs menyadari bahwa program makanan bergizi gratis tidak murah, namun jika dilaksanakan dengan baik, itu akan menjadi investasi dengan dampak yang signifikan.

Selain itu, ia menjelaskan beberapa dampak dan manfaat yang bisa diperoleh melalui program ini, terutama bagi anak-anak, ibu hamil, dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Menurut Sachs, program ini memberikan kesempatan bagi anak-anak dan ibu hamil untuk mendapatkan asupan makanan bergizi secara teratur. Dengan demikian, mereka dapat terhindar dari stunting dan kekurangan gizi, yang dapat berdampak pada perkembangan gizi dan kesehatan mental.

“Kedua, program ini mendukung proses belajar mengajar dan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas di masa depan,” lanjutnya.

Lebih lanjut dijelaskan, implementasi program makanan siang gratis ini mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 2, yaitu mengatasi kelaparan dan malnutrisi.

“SDGs hadir sebagai kerangka kerja yang tepat untuk mengintegrasikan program-program pemerintah, termasuk makanan bergizi gratis. Dengan 17 tujuannya, SDGs menawarkan panduan untuk mencapai masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi semua orang,” tambahnya.

Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto telah mengumumkan program makanan bergizi yang akan diberikan secara gratis kepada para siswa di sekolah. Sebelumnya, pemerintah dan Badan Anggaran DPR RI juga telah menyetujui anggaran sebesar Rp71 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025 untuk program ini.

Source link