Desakan Pengamat kepada Shin Tae-yong untuk Memperbaiki Hal Ini dalam Duel Timnas Indonesia melawan Timnas Filipina: Okezone Bola

by -81 Views

Pengamat sepakbola, Mohamad Kusnaeni, meminta pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk memperbaiki kekurangan menjelang pertandingan melawan Timnas Filipina. Hal ini penting untuk meraih kemenangan dan mendapatkan tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Timnas Irak dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Hasil ini disayangkan karena Skuad Garuda bermain di markas sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Kamis, 6 Juni 2024.

Menyikapi kekalahan tersebut, Bung Kus mengatakan bahwa Timnas Indonesia sebenarnya tampil dengan baik. Namun, disayangkan bahwa Marselino Ferdinand cs sering melakukan kesalahan yang berakibat fatal. Selain itu, penyelesaian akhir juga kurang memuaskan.

“Indonesia sebenarnya bermain cukup bagus. Terutama di babak pertama di mana kita menguasai permainan dan menciptakan beberapa peluang. Namun sayangnya, kita kurang tajam dalam penyelesaian akhir,” kata Bung Kus saat dihubungi oleh MNC Portal Indonesia (MPI) pada Sabtu, 8 Juni 2024.

“Ikut serta dalam kesalahan sendiri, terutama di lini belakang yang memberi kesempatan lawan untuk mencetak gol,” lanjutnya.

“Gabungan kegagalan dalam penyelesaian akhir dan kesalahan sendiri dalam bertahan membuat situasinya berbalik. Di babak kedua, Irak memanfaatkan situasi tersebut untuk menekan balik dan mengambil keuntungan,” jelas wartawan olahraga itu.

Bung Kus meminta Shin untuk segera memperbaiki permasalahan tersebut menjelang pertandingan melawan Filipina. Dia juga berharap agar para pemain Timnas Indonesia tidak panik saat memiliki bola untuk menghindari kesalahan yang menguntungkan lawan.

“Pada pertandingan melawan Filipina, situasi seperti itu tidak boleh terjadi lagi. STY harus memperbaiki penyelesaian akhir, terutama di lini depan,” kata Kusnaeni.

“STY juga harus memperbaiki koordinasi dan komunikasi pemain saat bertahan. Jangan mudah panik sehingga berujung pada kesalahan sendiri,” tandasnya.

Kekalahan dari Irak membuat Timnas Indonesia belum bisa memastikan tiket ke babak ketiga. Peluang untuk lolos masih terbuka dengan syarat mengalahkan Filipina di SUGBK pada Selasa, 11 Juni 2024 malam WIB.