Marc Marquez Putuskan Drought Kemenangan di MotoGP Catalunya 2024? : Okezone Sports

by -594 Views

MONTMELO – Marc Marquez akan mengakhiri puasa kemenangan di MotoGP Catalunya 2024? Pembalap tim Gresini Racing itu memiliki catatan yang cukup istimewa di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol.

Seri keenam MotoGP 2024 tersebut akan berlangsung pada Minggu (26/5/2024) pukul 19.00 WIB. Ini adalah balapan kandang bagi Marquez yang berasal dari Cervera, tidak jauh dari wilayah Catalunya.

Mengaspal di kandang sendiri tentu akan menjadi tambahan motivasi bagi Marquez. Apalagi, performanya cukup positif dalam dua seri terakhir, yaitu GP Spanyol dan GP Prancis.

Di Sirkuit Jerez-Angel Nieto (Spanyol) dan Bugatti (Prancis), Marquez berhasil finis sebagai runner-up. Hal ini menjadi pertanda positif bahwa pembalap tersebut telah menemukan kembali aura kompetitifnya bersama Ducati Desmosedici GP23.

Pada kedua seri tersebut, Marquez terlihat tidak gentar bersaing dengan para pembalap yang menggunakan motor Ducati terbaru (GP24). Oleh karena itu, pria asal Spanyol ini layak untuk dijagokan sebagai pemenang balapan akhir pekan ini.

Lebih dari itu, Marquez memiliki catatan yang cukup apik di Catalunya. Dia telah dua kali menjadi juara pada tahun 2014 dan 2019. Selain itu, pada tahun 2013, 2016, 2017, dan 2018, pria berusia 31 tahun itu telah empat kali naik podium.

Sayangnya, Marquez tidak lagi merasakan manisnya sampanye di podium Sirkuit Barcelona-Catalunya. Dia gagal finis pada tahun 2021 dan menduduki posisi ke-13 pada tahun 2023.

Belum lagi, Marquez harus memulai balapan dari posisi ke-14. Meskipun mampu finis kedua dalam Sprint Race GP Catalunya, namun hal tersebut sedikit banyak terbantu dengan ketidakhadiran tiga pembalap lainnya.

Catatan buruk dan situasi yang tidak mengenakkan ini bisa menjadi motivasi tambahan bagi Marquez. Selain itu, kakak dari Alex Marquez tersebut telah merasakan puasa kemenangan sejak MotoGP Emilia Romagna 2021 di Misano, Italia pada bulan Oktober tahun itu.

Kita tunggu apakah Marquez dapat mengakhiri puasa kemenangannya atau tidak. Balapan akan berlangsung sebanyak 24 putaran dan masih banyak kesempatan baginya untuk melaju ke depan.