KPK melakukan penggeledahan di rumah mantan pejabat Kementan yang merupakan orang kepercayaan SYL di Parepare: Okezone Nasional

by -338 Views

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di sebuah rumah di Jalan Bumi Harapan, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), hari ini, Minggu (19/5/2024).

Rumah yang digeledah merupakan milik mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementerian Pertanian (Kementan), M Hatta (MH). Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengkonfirmasi adanya penggeledahan di rumah M Hatta tersebut.

“M Hatta adalah orang kepercayaan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hatta telah ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama dengan SYL atas dugaan penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementan,” ujar Ali Fikri.

Belum diketahui apa yang diamankan oleh tim penyidik dari rumah M Hatta di Parepare karena proses penggeledahan masih berlangsung. KPK akan menginformasikan hasil penggeledahan lebih lanjut.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan suap terkait promosi jabatan di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). SYL diduga terlibat dalam memerintahkan anak buahnya untuk mengumpulkan uang terkait promosi jabatan di Kementan dengan harga kisaran 4.000 hingga 10.000 dollar Amerika Serikat atau setara ratusan juta rupiah. SYL juga diduga terlibat dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terkait pengelolaan uang hasil gratifikasi.