Dokter Gizi Menganjurkan Untuk Tidak Sembarangan Minum Obat Diet, Karena Dapat Menyebabkan Masalah Ginjal – Okezone Health

by -94 Views

Punya bentuk tubuh yang ideal, sesuai dengan tinggi badan dan sehat menjadi impian banyak orang. Baik pria maupun wanita berlomba-lomba untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Tak heran, masih banyak orang tergiur pada produk obat-obatan diet demi menurunkan berat badan. Bahkan, banyak orang yang asal melakukan program diet tanpa memperhatikan kebutuhan tubuh.

Dokter Spesialis Gizi dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan bahwa banyak orang memilih untuk mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit tanpa memperhatikan berapa banyak kalori yang dikeluarkan tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi lemas dan mudah lelah karena asupan nutrisinya tidak sesuai dengan kalori yang dikeluarkan.

Lebih lanjut, dr. Christopher menjelaskan bahwa diet berlebihan dan tidak dikonsultasikan ke dokter gizi dapat membuat tubuh tidak sehat. Sebab setiap orang memiliki persentase lemak, otot, dan kandungan air yang berbeda dalam tubuhnya.

Diet untuk menurunkan berat badan harus fokus pada penurunan kadar lemak, bukan penurunan kadar otot dan air dalam tubuh. Beberapa obat diet yang dijual di pasaran sering membuat tubuh mudah buang air kecil dan diare karena obat tersebut cenderung mengeluarkan air dalam tubuh bukan lemaknya. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan kehilangan cairan dalam tubuh.

Dr. Christopher menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi sebelum melakukan program diet agar dapat diberikan treatment yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Mengonsumsi obat diet tanpa pengawasan dapat membahayakan kesehatan ginjal dan memiliki efek samping yang tidak diinginkan.